Mengenal Perbedaan Batako Interlock dan Batako Biasa

Peran batako dalam pembangunan sebuah gedung menjadi perhatian tersendiri. Puluhan batako-batako yang disusun sedemikian rupa tersebut akan menghasilkan dinding bangunan yang kokoh dan kuat. Selain batu bata sebagai penyusun dinding bangunan, batako menjadi alternatif utama masyarakat dalam memilih dan mempertimbangkan bahan-bahan berkualitas untuk penyusunan bangunannya.

Batako bukan terbuat dari tanah liat, layaknya batu bata merah pada umumnya. Bahan dasar pembuatan batako seperti halnya beton dan paving block yakni berupa pasir, semen, kericak dan air. Telah banyak batako yang beredar di pasaran. Berdasarkan jenisnya, batako memiliki ragam yang sama. Seperti, ragam jenis batako berdasarkan jenis campurannya. Batako tersebut dibedakan menjadi dua, yaitu batako biasa dan batako interlock.

Batako biasa dan batako interlock memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut ini perbedaan antara batako biasa dan batako interlock yang perlu Anda ketahui untuk pertimbangan dasar memilih bahan penyusun dinding bangunan Anda.

Model Kait pada Batako Interlock

Perbedaan pertama terletak pada model kait yang dimiliki batako interlock. Model kait ini tidak dimiliki oleh batako biasa. Interlock atau juga disebut sebagai sistem penguncian yang dimiliki batako inilah yang berfungsi sebagai pengait antar batako saat proses pemasangannya. Batako interlock sendiri merupakan hasil pengembangan dengan menambahkan lips pada sisi-sisi tertentu. Berbeda dengan batako biasa yang tidak memiliki pengait dalam pemasangannya.

Kecepatan Proses Pemasangan

Jika dibandingkan dengan batako biasa, batako interlock dalam proses pemasangannya lebih cepat, karena telah dilengkapi sistem penguncian/ interlock. Selain tingkat kecepatan, akurasi dan presisi pemasangannya sangat terjamin dibandingkan dengan proses pemasangan batako biasa. Tentu, hal ini akan memudahkan masyarakat dalam menyusun batako satu per satu hingga menghasilkan dinding yang kokoh.

Tingkat Kekuatan dan Ketahanan

Perbedaan berikutnya terletak pada kekuatan dan ketahanan antar batako. Batako interlock memiliki jaminan kokoh, kuat dan solid. Selain itu juga mampu mengurangi kerusakan dinding akibat angin besar maupun gempa. Seringkali bisa Anda lihat, deretan korban yang tertimpa reruntuhan dinding rumah/ bangunan merupakan akibat dari dinding yang runtuh serta tidak mampu menahan beban. Maka dari itu, pengembangan sistem interlock ini memiliki tujuan untuk mengurangi dampak dari adanya gempa ataupun angin yang berpotensi meruntuhkan rumah/ bangunan. Untuk jenis batako biasa, tidak memiliki kelebihan ini.

Hemat Bahan Pengerat

Saat penyusunan dan pemasangan batako, dibutuhkan bahan pengerat seperti semen untuk merekatkan batako satu dengan lainnya. Karena terdapat model kait, dengan memilih batako interlock Anda akan menghemat bahan pengerat. Sedangkan batako biasa cenderung membutuhkan bahan pengerat yang cukup banyak agar antar batako tertempel kuat.

Perbedaan Harga Jual

Dari poin-poin di atas bisa Anda simpulkan bahwa batako interlock lebih banyak memiliki kelebihan. Karena kualitas yang dimiliki juga berbeda, maka harga jualnya lebih mahal dibandingkan dengan batako biasa. Hal ini berkaitan dengan mutu/ kualitas yang dimiliki oleh batako interlock.

Pada dasarnya, semua jenis batako memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Prinsipnya, Anda harus memastikan jenis batako yang Anda pilih merupakan batako yang memiliki kualitas yang terbaik. Mengingat kebutuhan akan bahan dasar yang semakin bertambah ini, dan demi efektivitas dan efisiensi ada baiknya Anda memilih mesin cetak batako interlock sebagai salah satu solusinya.

Hadirnya mesin-mesin produksi bahan bangunan patut dimanfaatkan agar produksi Anda mengalami peningkatan secara signifikan dan kualitas yang tidak terabaikan. Tidak perlu repot-repot menunggu hasil produksi batako interlock secara manual yang akan menyita waktu. Dengan hadirnya mesin cetak batako interlock, produksi bahan akan kian meningkat.

Jika Anda sedang mencari mesin cetak batako interlock dengan kualitas tinggi, Futago Teknik siap melayani pesanan Anda. Produk-produk kami memberikan solusi praktis untuk Anda, agar produksi batako makin meningkat dan kebutuhan Anda cepat terpenuhi.

Artikel

Cetak Batako InterlockKelebihan Batako InterlockPerbedaan Batako

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *